31

Hari ini tepat hari ulang tahun saya yang ke 31. Many people said, “life begins at 30”. Gimana rasanya melewati usia kepala tiga, van? Umm, rasanya nano-nano apalagi di usia segini, saya melewatinya dengan status lajang alias belum menikah.

Kenapa belum menikah, van? Pasti terlalu pilih-pilih ya? Nanti kalau makin tua makin susah loh punya anaknya. Lihat tuh adek-adek kamu udah menikah sama udah punya anak semua. Sepupu-sepupu juga banyak yang udah menikah. Orang tua dan mbah juga makin lama makin tua. Nanti nelangsa loh kalau menikah tapi nggak didampingi sama mereka.

Berulang kali saya mendengar pertanyaan semacam itu. Pilih-pilih? Saya yang malah akhirnya nggak terpilih. Meski mereka bilang sayang dan bilang cinta, tapi karena satu dan lain hal akhirnya mereka meninggalkan saya dan memilih menikah dengan yang lainnya. Dilangkahi adek? Mungkin belum waktunya buat saya dan bukan rezeki saya menikah cepat. Masalah orang tua? Sampai sekarang saya masih bingung cowok seperti apa yang akhirnya dapat restu dari orang tua untuk menikahi saya.

Sedih? Pasti. Bohong kalau bilang saya nggak sedih. Nangis? Jangan ditanya seberapa sering saya nangis. Berharap? Saking seringnya berharap sampai udah mati rasa dan sekarang nggak mau berharap lagi. Ikhlas dan pasrah? Masih tahap belajar sampai sekarang. Galau? Udah mulai berkurang, apalagi sekarang sering mencoba datang ke kajian-kajian untuk menghilangkan kegalauan. Trauma? Ini yang sekarang dicoba untuk dihilangkan. Mengingat dua cowok terakhir yang dekat dengan saya jangan ditanya lagi gimana brengseknya. Satunya akrab dengan pijat plusplus dan dugem, satunya lagi playboy kelas kakap yang jam terbangnya lumayan tinggi.

Teman saya bilang jangan kapok untuk jatuh cinta lagi. Jangan menyerah meski berkali-kali patah hati. Percaya saja kalau Tuhan itu adil. Percayalah kalau Allah selalu mengabulkan doa hambanya yang tulus meminta. Saya hanya perlu untuk lebih memperbaiki diri karena sesungguhnya jodoh adalah cerminan diri kita sendiri. Intinya jodoh selalu datang pada waktu yang tepat, bukan masalah cepat atau lambat.

Terima kasih buat doa-doanya semua ya teman-teman di hari ulang tahun saya ke 31 ini. Terima kasih buat ucapan dan perhatian dari teman-teman semua. Semoga di ulang tahun yang ke 31 ini saya layak untuk mendapat jodoh yang terbaik dari Allah. 2019 ganti status. Aamiiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s